Home » iphone » Tutorial Mengenai Cara Screenshot iPhone 4

Tutorial Mengenai Cara Screenshot iPhone 4

Tutorial Mengenai Cara Screenshot iPhone 4
Para pemilik perangkat iOS pastinya sudah tidak asing dan sering menemukan gambar screenshot layar iPhone atau iPad di Google atau internet. Mungkin anda bertanya, bagaimana cara melakukannya?

Mengetahui cara melakukan screenshot pada layar iPhone dianggap cukup penting bagi sebagian pengguna. Beberapa dari mereka memiliki alasan tersendiri, di antaranya adalah untuk mengabadikan moment ketika berhasil menyelesaikan sebuah game, memamerkan tema keren yang sedang dipakai pada perangkat iPhone yang dimiliki, atau untuk mengarsipkan pesan chatting dengan teman.

Apabila anda adalah seorang yang baru menggunakan sebuah perangkat iPhone 4 atau perangkat iOS yang lain, pasti akan merasa bingung mengenai cara melakukan screenshot pada layar perangkat anda. Sebenarnya cara screenshot iPhone 4 sangat mudah.

Apple sudah menghadirkan fitur ini pada perangkat iPhone 4 secara default tanpa harus menggunakan bantuan software. Semenjak hadirnya iPhone generasi ke-2, Apple menambahkan cara screenshot layar sebagai fitur bawaan, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Tidak seperti perangkat iPhone generasi pertama yang mengharuskan untuk melakukan jailbreak terlebih dahulu dan memakai aplikasi pihak ketiga.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengambil screenshot pada layar iPhone 4. Yang pertama adalah dengan menggunakan gabungan tombol hardware, dan yang kedua adalah dengan menggunakan tombol virtual berwarna putih bulat yang disebut Assistive Touch. Tombol virtual ini harus anda aktifkan terlebih dahulu agar bisa diakses di Springboard atau Homescreen perangkat iPhone anda.

Jika anda masih merasa bingung dengan cara screenshot iPhone 4, sebaiknya anda simak baik-baik tutorial mengenai cara screenshot iPhone 4 di bawah ini. Seperti apa caranya? Yuk langsung menuju langkah-langkahnya:

Cara Screenshot iPhone 4 Menggunakan Tombol Hardware

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan tombol Power/Sleep dan tombol Home.

  1. Silahkan tekan secara bersamaan tombol Power/Sleep yang berada di atas dan tombol Home yang berada di depan dengan cepat. Sesaat kemudian, perangkat iPhone anda akan mengeluarkan suara khas screenshot, dan layar juga akan ikut berkedip pertanda screenshot berhasil dilakukan.
  2. Untuk memudahkan anda dalam melakukan hal di atas, anda dapat memanfaatkan jari telunjuk di tangan kiri anda untuk menekan tombol Power/Sleep dan jari jempol di tangan kanan anda untuk menekan tombol Home.
  3. Hasil gambar screenshot nantinya akan berada di folder Camera Roll pada menu Photos.

Cara Screenshot iPhone 4 Menggunakan Assistive Touch

Pembahasan mengenai cara screenshot iPhone 4 dengan memanfaatkan kombinasi tombol Power/Sleep dan tombol Home sudah diketahui, selanjutnya adalah cara kedua yaitu dengan menggunakan tombol Assistive Touch.

  1. Anda harus mengaktifkan fitur Assistive Touch terlebih dahulu pada perangkat iPhone anda. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih General, lalu pilih Accessibility, dan setelah itu aktifkan Assistive Touch.
  2. Tutup menu Setting. Terkadang tombol Assistive Touch memerlukan sedikit waktu sebelum bisa muncul di Springboard/Homescreen iPhone anda.
  3. Jika tombol Assistive Touch sudah aktif, silahkan tekan tombol yang berbentuk bulatan putih ini. Maka akan muncul beberapa menu seperti Home, Siri, Device, dan Favorites. Selanjutnya pilih menu Device.
  4. Pada menu Device, akan muncul beberapa menu pilihan lagi, silahkan pilih menu More. Setelah itu pilih Screenshot, maka secara otomatis perangkat iPhone anda akan melakukan pengambilan screenshot pada lokasi yang telah anda tentukan.

Sekian tutorial mengenai cara screenshot iPhone 4 yang dapat dengan mudah anda lakukan. Jika dilihat dari kedua cara yang telah dijelaskan di atas, cara pertama yakni dengan menggunakan kombinasi tombol Power/Sleep dan tombol Home terkesan lebih mudah dan praktis untuk dilakukan dibandingkan dengan cara kedua.

Namun jangan salah, justru cara kedua bisa anda manfaatkan apabila suatu saat tombol Power dan tombol Home mengalami kerusakan atau sudah tidak berfungsi dengan normal. Cara screenshot iPhone 4 ini juga bisa anda gunakan pada perangkat iPad atau perangkat iPhone seri di atasnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *