Home » android » Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

Smartphone dengan kuota internet merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena memang sebagian besar aplikasi dipasang dengan membutuhkan akses internet agar bisa berjalan.

Maka dari itu, penggunaan kuota internet pun sangat diperlukan, akan tetapi, hal ini pun bisa berdampak pada borosnya kuota paket data yang digunakan. Karena jika anda tidak memperhatikan dan juga mensetting pengaturan aplikasi pada smartphone anda, maka bisa jadi hal inilah yang menyebabkan kuota anda cepat sekali terkuras.

Selain anda harus jeli memilih provider agar kuota internet anda tidak cepat habis, anda juga memerlukan berbagai cara agar kuota internet tidak cepat terkuras, dengan melakukan penghematan kuota juga melakukan pengaturan aplikasi agar nantinya kuota internet anda tidak terkuras habis tanpa sepengetahuan anda.

Berikut ini adalah beberapa tips menghemat kuota internet pada smartphone android yang bisa anda terapkan.

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android

1. Menggunakan Google Chrome (data server)

Anda bisa menggunakan aplikasi google chrome sebagai layanan browser untuk browsing anda. Aktifkan fitur data saver anda, untuk lebih menghemat data. Caranya adalah dengan membuka menu setting, lalu pilih pilihan On atau data saver. Kelebihan dari fitur ini adalah anda bisa menghemat hingga 50 % penggunaan data kuota karena data akan dikompres terlebih dahulu.

2. Non aktifkan opsi sinkronisasi (Sync System)

Menonaktifkan opsi sinkronisasi juga merupakan salah satu upaya agar data bisa lebih hemat lagi dalam penggunaannya. Karena dengan memilih nonaktif beberapa aplikasi, maka secara otomatis aplikasi yang di nonaktifkan sinkronisasinya akan tidak langsung tersambung ke jaringan internet.

Caranya adalah dengan masuk ke menu setting, lalu pilih account, setelah itu, anda bisa memilih aplikasi mana saja yang akan di nonaktifkan sinkronisasinya.

3. Aktifkan setting penggunaan mobile data

Anda bisa memilih fitur limit system serta data usage warning untuk lebih mengontrol penggunaan mobile data anda. Selain itu, agar lebih mengetahui apabila anda memakai data internet melebihi batas.

Caranya adalah dengan masuk ke menu settings pilih option data usage, masuk ke cellular data, pilih set cellular data limit. Lalu setelah itu, tap untuk mengaktifkan fitur ini.

4. Batasi penggunaan data di background system

Melakukan pengaturan penggunaan data pada background system juga dapat menghemat penggunaan kuota data internet anda. Caranya cukup dengan masuk ke menu pengaturan lalu pilih option data usage, setelah itu, tap tiga garis vertikal di kanan atas pilihan. Setelah itu, pilih restrict background data, pilih OK.

5. Batasi update aplikasi kecuali dengan Wi-Fi

Biasanya secara otomatis ponsel android anda akan mengupdate aplikasi, hal ini memang salah satu hal yang bisa memakan kuota internet cukup banyak. Untuk mengatasinya, anda bisa mengaktifkan setting update aplikasi hanya dengan menggunakan jaringan wi-fi.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih auto update setelah itu, pilih pilihan auto update apps over Wifi Only. Maka secara otomatis, aplikasi yang ada di smartphone anda hanya akan bisa diupdate dengan menggunakan koneksi wi-fi.

Demikian beberapa tips menghemat kuota internet pada smartphone android. Semoga bermanfaat bagi anda dalam menghemat data kuota internet anda.

Selamat mencoba.

Baca juga : Mengapa Smartphone Android Cepat Panas ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *