Home » android » 4 Dampak Positif Game Bagi Anak

4 Dampak Positif Game Bagi Anak

4 Dampak Positif Game Bagi Anak – Pada zaman yang serba canggih ini, penggunaan gadget adalah hal yang wajib guna untuk mempermudah urusan dalam berbagai hal. Tidak hanya sebagai alat untuk mempermudah urusan, keberadaan gadget juga berperan penting sebagai hiburan anak melalui berbagai aplikasi game yang ditawarkan. Namun, banyak orang tua yang begitu khawatir terhadap peredaran aplikasi game yang mudah diunduh bagi siapa saja termasuk anak-anak.

Tidak hanya saja khawatir, sebagian orang tua juga melarang anak-anaknya untuk bermain melalui aplikasi permainan android kesayangan mereka seolah-olah hanya sisi negatif saja yang selalu muncul. Benarkah game yang ada pada gadget selalu membawa dampak negatif pada anak? Sebenarnya, para orang tua tidak perlu khawatir apalagi sampai melarang anaknya untuk bermain game pada gadget karena bermain gadget ternyata juga memiliki sisi positif. Berikut ini adalah dampak positif game bagi anak .

Dampak Positif Game Bagi Anak

Berikut 4 Dampak Positif Game Bagi Anak

1. Mengurangi Stress

Sisi positif bermain game pada anak yang pertama adalah mengurangi stress. Seperti kita tahu bahwa anak-anak sering mendapatkan berbagai tugas dari sekolah, tekanan belajar yang tinggi atau kegiatan sekolah yang banyak menyita waktu tentunya akan membuat mereka menjadi stress. Permainan game pada gadget telah terbukti mengurangi tingkat stress mereka karena menampilkan berbagai hiburan yang menyenangkan.

2. Menambah Ketrampilan Sosial

Sisi positif bermain game pada anak yang kedua adalah menambah ketrampilan sosial. Mungkin sebagian orang akan berpendapat bahwa bermain game gadget akan menghambat interaksi sosial anak dengan lingkungannya. Akan tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena pada kenyataannya anak-anak yang bermain gadget masih bisa berinteraksi dengan teman lainnya dengan cara online game. Mereka bisa mengajak permainan yang membutuhkan lawan dengan mengajak teman mereka di media sosial.

3. Meningkatkan Ketrampilan Kognitif dan Penalaran

Tidak semua permainan game mengandung hal-hal yang negatif dan bersifat hiburan semata. Pada kenyataannya, ada beberapa game edukatif yang berguna untuk mengasah otak seperti permainan puzzle, permainan tebakan, permainan kata dan lain-lainnya. Game-game tersebut memang sudah diciptakan khusus untuk membantu ketranpilan kognitif dan penalaran anak. Anak-anak sebenarnya juga bisa belajar melalui game-game tersebut.

4. Membuat Bahagia

Beberapa anak terkadang juga memiliki mood yang selalu berubah-ubah tidak menentu. Untuk mengatasinya, anak-anak bisa menggunakan aplikasi permainan gadget yang akan membuat mereka lebih bahagia. Tampilan gambar dan animasi pada sebuah game tersebut nyatanya membuat anak-anak lebih tertarik.

Demikian beberapa informasi menarik tentang 4 dampak positif game bagi anak yang harus Anda perhatikan. Dengan adanya informasi tersebut, diharapkan para orang tua tidak lagi melarang anaknya untuk bermain gadget. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *